INDONESIA NOTARY DIGEST

PENGANTAR
Notaris dan Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT), sesuai peraturan perundangan, adalah pejabat negara yang menjalankan sebagian tugas pemerintah dalam membuat akta otentik.
Sebagai kepanjangan tangan pemerintah, notaris dan PPAT dituntut untuk bersikap mandiri dan independen dalam melaksanakan tugas jabatannya. Maksudnya, agar obyektivitas dan kepastian hukum masyarakat yang menggunakan jasanya dapat terjamin.
Kendati demikian, profesi notaris dan PPAT di kalangan masyarakat kurang tersosialisasi akan dunia kenotariatan dengan baik. Oleh karena itu, diperlukan suatu wadah untuk mencapai tujuan tersebut.

MAKSUD DAN TUJUAN

Maksud diterbitkannya buku Indonesia Notary, yang berisikan profil singkat notaris dan PPAT ini semata-mata merupakan penghargaan kepada pejabat notaris dan PPAT Indonesia atas kerja dan dedikasi mereka dalam menjalankan profesinya.
Di samping itu, juga merupakan teladan bagi bangsa, bahwa pejabat tidak harus menjadi beban bagi pemerintah, karena mereka tidak menerima gaji dari pemerintah.
Buku profil berjudul Indonesia Notary ini juga bertujuan untuk mendokumentasikan pejabat-pejabat yang bersangkutan, serta sebagai alat komunikasi sesama mereka dan dengan masyarakat.
Satu hal yang penting dari diterbitkannya buku Indonesia Notary ini adalah menambah wawasan kepada masyarakat tentang tugas dan fungsi notaris dan PPAT, sehingga diharapkan buku ini akan menjadi referensi bagi seluruh stake holder.

RENCANA PENERBITAN

Buku profil notaris dan PPAT Indonesia “Indonesia Notary” akan diterbitkan dan diluncurkan pada akhir Maret 2010. Selanjutnya, akan terbit berkala setiap 2 (dua) bulan sekali.

KRITERIA PROFIL

1. Pejabat Noratis di seluruh wilayah Indonesia
2. Pejabat Pembuat Akta Tanah di seluruh wilayah Indonesia
3. Akademisi disiplin terkait

KEWAJIBAN TERPROFIL

1. Menyerahkan biodata.
2. Menjawab beberapa pertanyaan tertulis yang diajukan.
3. Kalau diperlukan bisa dengan wawancara khusus.
4. Menyerahkan foto berwarna dengan ketentuan:
a. Foto keluarga 1 lembar
b. Foto aktivitas
c. Foto terprofil pribadi

DEAD LINE

Semua kewajiban tersebut di atas harus sudah masuk ke redaksi pada tanggal 20 Mei 2009, dan dalam bentuk naskah pada 10 Maret 2010. Sedapat mungkin sebelum naik cetak, naskah jadi akan dikirimkan pada nara sumber guna koreksi. Akan tetapi, etika jurnalistik akan tetap kami gunakan.

SPESIFIKASI BUKU PROFIL

1. Judul buku : Indonesia Notary Digest
2. Penerbit : Media Parasia
3. Ukuran cetak : 21 x 27 cm.
4. Halaman : + 100 halaman
5. Kertas : a. Cover : Hard Cover full color
b. Isi : Mat paper full color
6. Tiras : 5.000 eksemplar

PENGHARGAAN BAGI TERPROFIL

1. Buku profil “Indonesia Notary” sebanyak 5 eksemplar.
2. Plakat yang dirancang khusus.
3. Tulisan yang termuat dalam buku akan diperbesar dan dibingkai ekslusif.

PENGGANTI ONGKOS CETAK

Dengan kerendahan hati kami mengharapkan bantuan dari seluruh nara sumber terprofil untuk berkontribusi terhadap penerbitan Buku Profil Indonesia Notary. Untuk 3 halaman cetak full colour kami tetapkan besaran kontribusi Rp 7.500.000, Untuk 4 halaman Rp 8.000.000, dan 5 halaman Rp 9.000.000.

PELUNCURAN

Peluncuran buku akan dilaksanakan pada:
Hari, tanggal : Sabtu, 27 Maret 2010
Waktu : Jam 14.30 s.d. selesai
Tempat : Grand Cempaka Hotel, Jakarta, Jl. Letjen Suprapto Cempaka Putih
Jakarta Pusat.